Blogger Sejati Harus Punya 5 Kebiasaan Ini

Menjadi yang terbaik tidaklah lebih sulit dibandingkan mempertahankannya.

Untuk mempertahankan yang terbaik dibutuhkan kebiasaan yang benar dari awal.

Sama hal nya dengan blogger. Untuk menjadi blogger yang always on top, Anda harus memiliki kebiasaan-kebiasaan baik layaknya blogger pro.

Lalu kebiasaan apa saja yang harus dimiliki oleh blogger agar visitor dan penghasilannya konsisten di angka yang besar?

Sambil melahap sajian goreng pisang anget dan aroma kapal api, yuk simak ulasannya satu per satu dibawah

1. Kebiasaan Menulis

Blogger bisa dikatakan sama dengan penulis. Bagaimana blognya ramai pengunjung kalau tidak ada isinya.

Untuk menjadi blogger yang sukses, tidak cukup hanya menulis. Lebih dari itu, butuh membiasakan diri untuk menulis.

Kalau sekarang enak ada smartphone, yang bisa dijadikan alat tulis dimanapun dan kapanpun.

Membiasakan menulis juga akan membuat Anda terhindar dari beban pekerjaan yang berat sebagai blogger. Karena anda secara continue mencicil pekerjaan-pekerjaan menulis. Sehingga terbebas dari deadline.

2. Kebiasaan Membaca

Bahan bakar tulisan adalah bacaan. Ini mutlak. Tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Kalau anda ingin punya tulisan yang cetar membahana, kaya dengan perbendaharaan kata, maka perbanyak membaca.

Membaca bagi seorang blogger tidak hanya sekedar membaca, tetapi sambil membaca sambil ditulis juga kata-kata, kutipan atau ide ke dalam library anda.

Selain itu, kebiasaan membaca juga akan menambah khazanah keilmuan anda. Orang yang berilmu bertindak lebih tepat dan cepat dibandingkan yang tidak berilmu.

3. Kebiasaan Berfikir

Berfikir adalah pekerjaan yang berat. Tidak semua orang bersedia melakukannya.

Blogger yang menulis tanpa berfikir seperti makan sayur yang tidak ada garamnya. Terasa hambar. Tulisannya hanya seperti sebuah pengumuman.

Membiasakan berfikir berarti melatih otak untuk terus bergerak. Sama halnya seperti tubuh anda, kalau tidak digerakkan beberapa jam saja akan terasa kaku dan pegal. Begitupun otak, kalau tidak dibiasakan berfikir maka nantinya kaku dan sulit menghasilkan ide-ide brilian.

Sebenarnya setiap hari secara tidak sadar otak kita selalu berfikir, seperti tatkala kita melihat status-status di WA atau berita di televisi.

Energi yang digunakan untuk memikirkan konten dan pengembangan blog, sama dengan ketika kita memikirkan status wa atau berita di televisi.

Jadi lebih baik otak kita digunakan untuk berfikir yang produktif dibandingkan hal yang kurang bermanfaat.

4. Kebiasaan Bekerja Sendiri

Untuk anda yang suka bekerja bersama-sama dalam ruangan dengan yang lain, anda perlu membiasakan diri juga untuk dapat bekerja ketika sendiri.

Ketika bekerja sendiri, anda lebih mudah berkonsentrasi dan menghasilkan ide-ide cemerlang.

Menulis, membaca dan berfikir adalah pekerjan-pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Oleh sebab itu, anda harus terbiasa untuk bekerja sendiri di ruangan yang tenang.

Dini hari sekitar jam 03.00 adalah waktu yang sempurna untuk bekerja sendiri. Selain suasananya tenang juga udaranya sejuk.

5. Kebiasaan Bekerja dalam Suasana Tidak Mendukung

Yang namanya hidup tidak selalu sesuai dengan yang kita inginkan. Niat ingin bekerja dini hari ternyata bangunnya kesiangan lantaran semalam anak-anak tidurnya larut. Sementara hari itu ada deadline artikel yang harus dipublish.

Mau gak mau, anda harus membuat artikel dalam kondisi yang tidak ideal, seperti di bis atau saat nunggu antrian bank.

Bekerja dengan kondisi yang tidak mendukung punya tantangan sendiri. Tapi bukan mustahil bisa dilakukan.

Tips untuk anda yang tetap harus bekerja dalam suasana tidak menguntungkan yaitu, bekerjalah dengan target yang kecil dan lakukan beberapa kali dalam satu waktu.

Contohnya ketika dalam perjalanan bis, anda bisa memperkirakan waktu sampai ditujuan (let say 30 menit), maka buatlah target kecil setiap 5 menit sebelum tiba di tujuan. Lima menit bekerja, lima menit berikutnya istirahat.

Apa yang bisa dilakukan dengan waktu lima menit? Jika bisa konsentrasi dengan level sedang saja, maka anda kemungkinan bisa menulis 1-2 paragraf pendek. Lumayan.

Jangan lupa bersenang-senang.

Untuk memiliki kebiasaan yang baik memang butuh perjuangan. Agar perjuangan anda terasa lebih ringan maka jangan lupa untuk bersenang-senang.

Imbangi aktivitas yang menguras otak dengan istirahat yang benar, mendengarkan lagu-lagu instrumental, dan beribadah tepat waktu.

Selain 5 kebiasaan diatas, yuk diskusi di kolom komentar kebiasaan apalagi yang anda miliki untuk menjadi blogger sejati?

Leave A Comment